***S E L A M A T - D A T A N G - S A H A B A T - S Y A M - C E L L***

TERKINI

Sabtu, 17 November 2012

CARA MENGATASI HP MATI SENDIRI

Problem: Pada kasus ini, ponsel kita tiba-tiba saja mati (auto power-off) tanpa kita ketahui dan kita ingini.
Prosedur perbaikan:
  • Pertama kali kita uji terlebih dahulu battry kita apakah masih baik. Lepaskan battery yang lama, kita uji dengan menggunakan multitester, apabila dalam pengujian ternyata battery sudah rusak, maka gantilah dengan bat¬tery yang baru, tetapi bila battery masih baik, pasangkan kembali battery yang lama pada ponsel, lalu coba hidupkan ponsel.
  • Periksalah juga konektor daripada battery, lihat apakah ada karat pada kuningan konektor battry yang juga bisa sebagai penghambat (isolator) Dari battery pada ponsel, juga uji tingkat kelenturan dari konektor batry tersebut dengan cara menekan-nekan konektor battery-nya, jika tingkat kelenturannya kita rasa sudah tidak normal atau rusak, maka kita perlu mengganti konektor battery ini. Sebab dengan konektor battery yang sudah tidak normal atau rusak maka posisi battery pada ponsel tidak terkunci dan sudah berubah-ubah saat kita membawa ponsel. Dengan posisi battery yang sudah berubah-ubah inilah yang mengakibatkan terputusnya koneksitas arus dari battery menuju ponsel yang mengakibatkan ponsel mati dengan sen¬dirinya (auto power-off).
  • Setelah kita uji battery dan konektornya tidak ada masalah pada ke¬duanya, maka selanjutnya kita coba isi ulang (charge) battery pada ponsel, apabila indikator proses isi ulang (charge) battery tampil pada layar ponsel tetapi ponsel tetap tidak bisa dinyalakan, maka dengan pasti kita mengetahui penyebab dari ponsel tidak bisa dinyalakan tadi adalah karena gangguan dari IC PA-nya.
  • Lepaskan IC PA pada ponsel anda, lalu coba ponsel anda dinyalakan kembali, ponsel anda pasti bisa nyala, maka supaya ponsel anda ada sinyalnya harus dipasangkan kembali IC PA yang baru.
  • Namun bila saat kita isi ulang (battery) pada ponsel dan indikator proses isi ulang (charge) battery tidak tampil pada layar ponsel, juga waktu ponsel di nyalakan ponsel tidak mau nyala, maka kita perlu melakukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut dengan menggunakan power supply (PS). Namun pada kasus tertentu ada juga kemungkinan terdapat timah yang jelek atau penyolderan yang kurang baik kaki-kaki IC PA pada PCB (koneksitas dari IC PA pada PCB terganggu atau terputus). Solusinya kita cabut IC PA pada PCB-nya terlebih dahulu, lalu bersihkan timah-timah pada PCB dimana IC PA tersebut menempel dengan cairan pembersih IPA, rapikan kembali timah¬-timah pada kaki-kaki IC PA, pasang kembali IC PA yang lama, nyalakan ponsel, maka ponsel pasti nyala kembali.
  • Selanjutnya kita memeriksa dan menguji ponsel dengan menggunakan power supply (PS), perlu diingat power supply yang akan kita gunakan untuk memeriksa dan menguji ponsel haruslah mempunyai skala ampere sebesar I ( satu) ampere atau 1000 (seribu) mili ampere, hal ini dimaksudkan supaya membaca hasil pemeriksaan dan pengujian lebih mudah dan jelas karena sensitifitas yang cukup dari power supply (PS) itu sendiri.
  • Pasangkan kabel dari power supply (PS) ke konektor battery pada ponsel kita dengan urutan sebagai berikut : warna hitam kabel power supply ke kutub negatif konektor battery, warna hijau kabel power supply ke kutub BSI (Battery System Information) konektor battery, warna kuning kabel power supply ke kutub temperatur konektor battery, dan warna merah kabel power supply ke kutub positif konektor battery. Perlu diingat bahwa dalam menghubungkan antara ponsel dengan power supply diperlukan minimal 3 kabel
  • Biasakan sebelum power supply dinyalakan, jangan lupa arahkan terlebih dahulu tegangan (volt) power supply pada 0 V, hal ini bertujuan untuk mencegah kelalaian kita memberikan tegangan (volt) yang terlalu besar pada ponsel yang hanya mengakibatkan ponsel kita bertambah parah kerusakannya
  • Setelah itu barulah kita boleh mengarahkan tegangan (volt) pada po¬wer supply ke 3,6 V, disini karena kita memakai ponsel Nokia 3310 dimana tegangan yang dibutuhkan adalah 3,6 V, apabila ponsel yang anda periksa dan uji bukan Nokia 3310, maka perlu disesuaikan tegangan (volt) yang dibutuhkan ponsel, dengan toleransi hanyalah 0,5 V. lebih dari toleransi itu akan mengakibatkan ponsel anda rusak.
  • Saat ponsel dalam keadaan mati (off), lalu tekan tombol 'on' pada ponsel untuk menyalakan ponsel. Lihatlah jarum ampere pada power supply pada saat tombol 'on' pada ponsel ditekan, jika jarum ampere diam saja tidak bergerak berarti problem terletak pada hardwarenya ponsel. Untuk problem hardware perlu dilakukan pemeriksaan dan pengujian dari modul 'on/off sampai pada battery ponsel itu sendiri.
  • Lihatlah jarum ampere pada power supply pada saat tombol 'on' pada ponsel ditekan, jika jarum ampere naik sekitar ± 50 mili ampere berarti problem terletak pada software ponsel. Yang perlu kita lakukan adalah ponsel tersebut diprogram ulang (flash) sesuai dengan jenis dan versi ponsel saat ini atau kita bisa melakukan proses upgrade versi software ponsel kita ke versi software yang lebih tinggi dari versi sebelumnya.
  • Nyalakan ponsel, ponsel pasti nyala.

57 komentar:

  1. sya baru 4 hari beli hp esia merk alcatel awal nya itu hp baik2 za tpi setelah itu hp menjadi panas & gk mau menyala padahal indikator batre nya msih penuh terus apa masalah ny ea gan apa ic ny yg dh kena & tlng ea solusi ny.

    BalasHapus
  2. Saya punya nokia 6600 ngedadak mati saya coba pake pawer suplay gada tegangan punya trik jumper nya ga ....????

    BalasHapus
  3. saya punya hp samsung galaxy young tiba2 mati klo mau telpon sama terima telfon .. itu knp yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah kayak gitu. Terus saya flasing hpnya baru mau bener

      Hapus
  4. saya punya hp nokia expresi music jika dinyalakan,, 4 kali mati nyala n kemudian mati total,, itu knpa yuach..???

    BalasHapus
  5. saya punya hp nokia tipe 5230 itu ko suka menyala sendiri,kenapa ya???

    BalasHapus
  6. gan hp ane standbay trus lampunya kg mau mati yah.. apanya yah itu yang rusak?

    BalasHapus
  7. gan ane mau tnya nhe, hp c3 ane mati truz ane nyalain pke batrei baru ko batreinya mlh pnas knp gan. hp udh saya bongkar n di bersihin jga sama aja gan. tlg infonya trims?

    BalasHapus
  8. bang ini hp kita I-cherry lampunya nyala terus
    gmana caranya agar tidak nyalah terus

    BalasHapus
  9. Saya punya hp bb 9780 onyx 2 .. hp suka mayi sendiri kalo dipake buat foto .. kira kira bermasalah apanya ya gan ?

    BalasHapus
  10. sayapunya hp evercoss yang suka mati-mati tiap 5 menit, itu masalahnya di mana yah?? trus cara mengatasinya juga bagaimana?? sedangkan baterainya baik-baik saja

    BalasHapus
  11. Asslmalaikum,,ane punya xperia v kok flash LED camera nggak bs nyala saat motret..padahal sdh d set lampu led hidup,,trus kadang pas dari keadaan mati kmudian batre di pasang malah flash Led nya menyala dari redup makin terang..pdhl hh blm di On kan...mhon solusi,trim

    BalasHapus
  12. syahril tahir@ COBA DI FLASH (INSTAL ULANG) GAN,KEMUNGKINAN CUMA SOFTWARE AJA
    moh ridlwan7@COBA HARDRESET GAN TAPI DATA BACK UP DULU,KLO GK BSA COBA INSTAL ULNG AJA

    BalasHapus
  13. saya punya andromax g2 trus tiba mati daya sendiri.. kdang waktu ngecas itu tiba" mati daya. itu penyebabnya apa. mhon solusinya.

    BalasHapus
  14. Sy pny hp klo dimasukkan SIM Card selain no 'ini' tiba2 lgsg mati?! Apa yg salah? Tolong balasannya!

    BalasHapus
  15. Sy pny hp klo dimasukkan SIM Card selain no 'ini' tiba2 lgsg mati?! Apa yg salah? Tolong balasannya!

    BalasHapus
  16. saya mau tanya, sy pake sony xperia e4 tiba2 mati ga bisa dinyalain lagi, kalo dicharger cuma lampunya doang yg nyala, tp layarnya ga muncul status batrenya, kalo ky gt gmana, mhon bntuannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di lem biru aja gan...

      Lem Biru = Lempar Buang Beli Baru...hahahahaha

      Hapus
  17. Saya bb 9300 ketika dinyalakan kok langsung mati penyebab nya mohon info nya...

    BalasHapus
  18. saya juga ,,baru beli hp azus zenpone 5,,,pas ngecas ,,selesai ,,gk bs dihidupkan lagi dan padam ,,dibawa ke tempat servis katanya rusak mesin ,,,apa memang seberat itu ???

    BalasHapus
  19. saya juga ,,baru beli hp azus zenpone 5,,,pas ngecas ,,selesai ,,gk bs dihidupkan lagi dan padam ,,dibawa ke tempat servis katanya rusak mesin ,,,apa memang seberat itu ???

    BalasHapus
  20. saya juga ,,baru beli hp azus zenpone 5,,,pas ngecas ,,selesai ,,gk bs dihidupkan lagi dan padam ,,dibawa ke tempat servis katanya rusak mesin ,,,apa memang seberat itu ???

    BalasHapus
  21. saya juga ,,baru beli hp azus zenpone 5,,,pas ngecas ,,selesai ,,gk bs dihidupkan lagi dan padam ,,dibawa ke tempat servis katanya rusak mesin ,,,apa memang seberat itu ???

    BalasHapus
  22. saya juga ,,baru beli hp azus zenpone 5,,,pas ngecas ,,selesai ,,gk bs dihidupkan lagi dan padam ,,dibawa ke tempat servis katanya rusak mesin ,,,apa memang seberat itu ???

    BalasHapus
  23. saya juga ,,baru beli hp azus zenpone 5,,,pas ngecas ,,selesai ,,gk bs dihidupkan lagi dan padam ,,dibawa ke tempat servis katanya rusak mesin ,,,apa memang seberat itu ???

    BalasHapus
  24. saya juga ,,baru beli hp azus zenpone 5,,,pas ngecas ,,selesai ,,gk bs dihidupkan lagi dan padam ,,dibawa ke tempat servis katanya rusak mesin ,,,apa memang seberat itu ???

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. kalau samsung core sya pas carg lalu lampu jekleg langsung mati gitu gimana ya ? respon please

    BalasHapus
  27. gan z pnxa hp evercoss G7T, klau d'ksi nyala dia nyala tpi bru satu dtik mti lghe gan,, gejalhx ap gan?????

    BalasHapus
  28. ɑku piɳgiɳ ɳɑɳyɑ รɛรuɑtu tɑpi ɳgɛʆiɑt gk ɗɑ ʀɛรpѳɳ ɗɑʀi kѳɱɛɳtʀ รɓʆɱɳyɑ ʝɑɗi ɱɑʆɑร ʝɑɗiɳy ɱѳ ɳɑɳyɑ

    BalasHapus
  29. saya punya hp smartefren i2 tapi ko as dicharger lngsng mati kedip2 gitu?/ eh pas dicarger lama tetep gayala juga itu kenapa ya??

    BalasHapus
  30. Hp alcatel onetouch flastplus saya mati. sudah di charger seharian gx mau nyala knapa ya gan..

    BalasHapus
  31. Punyaku mito fantasy selfie t777 ,,mau nyala klo lagi di charger, tapi klo charger dilepas maka langsung mati,,walaupun terisi penuh baterenya

    BalasHapus
  32. saya ada samsung corby waktu di charger dalam posisi mati normal begitupun dalam keadaan hp hidup, tapi waktu posisi hp stand by kira2 15 menitan hp nya langsung mati. setelah di tekan tombol power hidup lagi dan normal seperti biasa. kira2 itu problem di hardware ato software nya ya...??

    BalasHapus
  33. kalo udh direstart terus hpnya mati lagi itu kenapa kira2 ya gan ?

    BalasHapus
  34. Saya ada hp advan s5e pas waktu lgi dimainin blm 5 menit tiba" hp nya mati sendiri sebelum ny hp panas bnget nguras batery kira" knp ya mohon penjelasanya min

    BalasHapus
  35. Saya ho galaxy s6310 semalam sih baik baik aja tapi paginya gk bisa nyala dalam keadaan cas dan hp panas,padahal saya udah beli batre masih aja tetep!!!

    Gimana nihh?

    BalasHapus
  36. Saya punya hp oppo n1 hp klau data seluker na dihipukan bru maen 5mnit mti hp saya mas mohon bntuanya apa msalhnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hp gw samsung s4 juga gitu bro, kalau data seluler dihidupkan pasti mati mati sendiri, tapi kalau pake wifi dia normal aja

      Hapus
    2. bro udah ktmu lom masalah nya... soal nya s5 ku juga gitu...

      Hapus
  37. Saya punya nokia jadul ketika habis di cas penuh pas sudah lama di lihat hp nya mati gimana solusinya

    BalasHapus
  38. Saya punya nokia jadul ketika habis di cas penuh pas sudah lama di lihat hp nya mati gimana solusinya

    BalasHapus
  39. Kak saya punya HP Haier waktu saya gunakan tetapi hp tersebut nge-frezz trus saya restart dan kemudian HP tersebut tidak menyala lagi. menurut kakak kenapa yh ? apa mungkin IC PA or RF ? dan jika Saya salah mohon di maaf kan kak...
    Mohon jawabannya yh

    BalasHapus
  40. saya punya HP asus Zen C pas buat main game kok mati trus gk bisa dihidupkan,kenapa ya?

    BalasHapus
  41. saya punya hp mito a38 lagi di chrgr tiba tiba mati sndri, itu knp yaaa?

    BalasHapus
  42. Saya ada hp coolpad r106 kadang normal kadang tiba2 mati dihidupkan lagi mati lagi dihidupkan lagi low battery dibiarkan sebentar dihidupkan lagi bisa nyala kadang lanvar lagi.. Kira2 apa mgkn software nya ya

    BalasHapus
  43. Pada bego udh tau ga dibls masih aja pada nulis blog bego

    BalasHapus
  44. oppo joy sya matot gan di carger tanpa batre lampu bliztnya yg nyala itu kira" knpa ya mohon bantu solusinya gan

    BalasHapus
  45. oppo joy sya matot gan di carger tanpa batre lampu bliztnya yg nyala itu kira" knpa ya mohon bantu solusinya gan

    BalasHapus
  46. Hp saya redmi 2 abis diservis grgr layarnya gabisa ditouch dan emg udh pecah. Tp abis diservis blm ada sehari malah sering mati gitu mendadak restart saat terkunci. Mohon bantu solusinya gan

    BalasHapus
  47. Sya mau tanya gan hp LG ko setelah dihidupkan di layar muncul logo terus loading pas mau naek ke menu ga kuat malah power down sendiri udah beberapakali hardreset tetap begitu. Kalo di hardreset cuman kuat sampe welcome langsung power down padahal pas waktu proses hardreset ga power down .mohon dibantu gan

    BalasHapus
  48. Mau tnya nih teman2 klw android pas kita cabut batre trus kita pasang lgi tpi nyala sendri tnpa nekan tombol power dlu..mohon infonya teman..mkasi yah..

    BalasHapus
  49. mau tanya hape sya mati mati baru cuma keluar tulisan acer ,,belum sampe ke menu mati lagi itu knpa ya

    BalasHapus
  50. saya punya hp xiaomi redmi 2 nah saya kunci layar beberapa menit kemudian saya mau pake hp tersebut saya udh menekan tombol buka kunci kok engga mau respon dan itu pun battre hp saya masih banyak akhirnya harus cabut battre itu knp ya ?

    BalasHapus
  51. Saya punya hp Lenovo s560 ,kalo di Buat foto layar langsung mati dan hidup lagi . gimana cara memperbaikinya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.